Monday, 27 January 2014

Makanan Yang Sehat Bagi Anak-Anak

Orang tua sebaiknya menyiapkan makanan bagi anak-anaknya. Untuk itu pakar kuliner Sisca Suwitomo menyarankan orang tua untuk menanyakan menu yang disukai anak. Sebab belum tentu makanan yang disukai orang tua, disukai juga oleh anaknya. Makanan yang diberikan pun harus variatif. Orangtua harus menyiasati dan menata makanan semenarik mungkin, sehingga anak-anak berminat untuk makan. Misalkan nasi di atasnya diberi taburan telur dadar, atau sosis dibentuk lucu-lucu. Dengan begitu anak-anak pasti tertarik.

Untuk bekal sekolah banyak menu yang dapat dipilih, tidak hanya roti lapis keju melulu. Menurut Sisca sebenarnya banyak pilihan menu bekal untuk anak. Untuk makan berat bisa disiapkan nasi dengan lauknya. Nasi pun tidak harus selalu nasi putih, tapi bisa juga uduk atau nasi goreng. Sebagai lauknya, kalau suka ayam maka bisa digoreng atau dibumbui. Sebagai alternatif Sisca memberi contoh makanan roti yang digoreng pakai telur. Roti tersebut bisa ditambahkan dengan coklat atau keju.

Sisca menyarankan porsi makanan yang dibawa anak-anak tidak perlu banyak. Misalnya saja untuk roti, cukup satu tangkap saja. Jika ditambah telur pun cukup sebutir. Sedangkan nasi sekitar 100 gram saja. Selain makanan berat, Sisca melanjutkan bahwa tidak apa-apa anak-anak dibekali snack. Ia menyarankan pilihan yang lezat dan bergizi. Snack tersebut bisa berupa makaroni kukus, kroket, kue-kue, muffin kukus ditambah cokelat, atau masih banyak lagi yang lainnya. Buah-buahan juga merupakan menu sehat. Bila perlu buah dipotong-potong sehingga mudah untuk dimakan.


pakar kuliner

No comments:

Post a Comment